Tips Memilih Kosan/Kotrakan

Haiii.. sudah tanggal 4 mei nih. Sudah bulan Mei, artinya tahun ajaran 2013/2014 akan segera berakhir, akan segera ada mahasiswa baru, dan angkatan 50 yang tadinya tinggal di asrama harus segera angkat kaki dari asrama TPB IPB, hehe..

Nah sebelum meninggalkan asrama, pastilah kalian memikirkan dimana kalian akan tinggal selanjutnya. Tidak hanya mahasiswa yang baru keluar asrama sih, semua yang akan pindahan juga pasti memikirkan hal yang sama. Tapi tulisan ini lebih ditujukan untuk mahasiswa yang baru keluar dari asrama, sebagai informasi tambahan tentang kerasnya dunia di luar asrama, haha.

Sebelum memutuskan kemana akan pergi, baiknya memikirkan apakah kalian akan nge-kost atau kontrak. Kost dan kontrak itu sama-sama nyewa tempat tinggal, tapi beda suasana.

Kost: suasananya lebih individualis. Apalagi kalau kamar mandinya di dalam kamar dan kalian diperbolehkan membawa alat elektronik apapun ke kamar, sepertinya tidak akan ada alasan keluar kamar selain kuliah, hehe. Yang menyukai suasana pribadi dan tenang, tipe kosan ini sepertinya pas untuk kalian. Untuk kosan, biasanya pembayaran-pembayaran seperti listrik dan air sudah ada yang mengoordinir. Kalau ada kerusakan2, biasanya sudah ada tukang yang disiapkan. Latar belakang mahasiswa di sebuah kosan kebanyakan berbeda-beda, jadi lebih beragam.

Kontrakan: Biasanya kontrakan di isi oleh kumpulan mahasiswa yang berlatar belakang sama. Entah itu se-daerah, se-organisasi, se-jurusan, atau se- se- yang lainnya. Suasana kontrakan yang jelas lebih ramai dan lebih hangat. Kalau kalian tipe yang tidak suka menyendiri, kontrakan sepertinya lebih pas untuk kalian. Kontrakan, biasanya bisa buat ngumpul-ngumpul banyak orang, kontrakan sering dijadikan basecamp suatu kelompok karena latar belakang yang sama tadi.

Nah, hal-hal yang saya tuliskan di atas bisa saja dipandang sebagai kelebihan, bisa juga dipandang sebagai kekurangan, tergantung orangnya. Tapi tidak semua kos dan kontrakan seperti itu kok, itu hanya hasil survey dari saya yang suka membanding-bandingkan kosan dan kontrakan via ngobrol dan wawancara singkat ke teman-teman saya, hehe.

Kalau saya sendiri, walaupun di kosan, mahasiswanya berlatar belakang beda-beda, tapi suasananya tetap hangat karena adanya fasilitas ruang TV. Ruangan ini sangat berpengaruh loh. Disana kita bisa berbincang dan mengenal satu sama lain. Dulunya saya kos di tempat yang suasananya sangat individualis. Alat elektronik apapun bisa dibawa, kamar mandi pun ada di dalam. Tapi saya tipe orang yang kurang suka suasana seperti itu, jadilah saya pindah ke kosan saya yang sekarang, dan alhamdulillah sudah nyaman. Hehe.

3818837_20121214013918

Nah, sekarang tips memilih kosan/kontrakan nih. Bukan tips sih, tapi lebih ke informasi-informasi kosan di sekitaran kampus IPB. Lagi-lagi, ini via survey dari saya. Hehe.

1. KEAMANAN. Pilihlah hunian yang keamanannya terjaga. Untuk menjaga kemanan, kalian bisa membeli gembok untuk kamar kalian. Carilah kosan yang ber-tralis di pintu/jendelanya.

2. AIR. Nah, kalau yang ini urgen banget. Air itu sumber kehidupan, bro. Carilah kosan yang airnya lancar, dan bersih. Memang untuk kebersihan airnya, pasti kita akan sedikit kesulitan untuk memastikan, karena semakin hari Dramaga ini makin banyak penghuninya, makin padat penduduknya, jadi kualitas airnya sedikit diragukan. Yang penting airnya lancar dan bisa untuk MCK. Untuk air minum, lebih baiknya beli air kemasan saja.

3. HARGA. Ini juga nggak kalah pentingnya, nih. Biasanya harga mempengaruhi kualitas sih, seperti kata pepatah jawa, “REGO NGGOWO RUPO”. Semakin dekat dengan kampus, harga akan semakin mahal. Semakin banyak fasilitas, harga juga akan semakin mahal. Untuk wilayah Bateng dan Perwira yang ada di pinggir jalan, saya rasa harga minimalnya bisa mencapai 4 juta per tahun. Berbeda lagi kalau tempatnya agak masuk ke dalam gang, harganya bisa lebih rendah dari itu. Kalau kalian mengingikan harga yang tidak terlalu mahal, saya sarankan untuk membawa kendaraan, atau kalau kalian sanggup berjalan kaki ya tidak apa-apa. Hehe. Saran saya lagi sih, kalau tempatnya jauh dari kampus, jangan milih yang mahal, karena kita akan rugi. Udah jauh, mahal pula.

4. DEKAT KANTIN/ ADA DAPUR. Makan kan kebutuhan sehari-hari, jadi pilihlah tempat kosan yang dekat dengan rumah makan, atau paling tidak, akses ke rumah makan itu tidak terlalu jauh. Sebagai mahasiswa yang sudah 3 tahun merantau, penyakit mahasiswa nomor 1 itu biasanya malas beli makan. Iya nggak? Haha. Jadi kalau pas lagi malas dan akses ke warung makan jauh, pastilah kita akan menunda makan. Dan itu artinya kita mendzalimi lambung kita 😦 Kalaupun memang agak jauh dari tempat makan, pastikan ada dapur di kosan/kontrakan yang kita pilih. Disitu kita bisa mengasah kemampuan memasak kita, apalagi yang cewe-cewe nih, memasak adalah salah satu bekal menuju rumahtangga yang sakinah-mawadah-warahmah. Hehe.

5. SINYAL. Ah, ini salah satu kendala yang saya hadapi di kosan saya saat ini. Di kosan saya ini, sangat susah sinyal operator saya yang lama, jadilah saya harus mengganti operator untuk berkomunikasi via HP, huhu. Kalau kalian tidak mau seperti saya, pastikan di lokasi kosan itu ada sinyal untuk operator HP kalian. Tapi kalau rela berkorban seperti saya, ya tidak apa-apa. 😀

6. TEMAN. Hey, walaupun katanya ‘kita harus bisa beradaptasi dimana saja’. tapi saya rasa hal yang ini tetap penting. Teman yang saya maksudkan disini adalah orang yang berlatar belakang sama dengan kita, nggak harus banyak, paling tidak satu orang lah. Karena dengan adanya teman ini, akan memudahkan kita untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Oke, Mungkin hal-hal urgen nya itu saja sih. Untuk masalah fasilitas kosan, biasanya tergantung kebutuhan masing-masing.

Nah, bagaimana? Apakah kalian sudah memutuskan kemana kalian akan pergi setelah ‘diusir’ dari asrama? Hehehe..

Selamat berjuang mencari kosan..

NB: Sabar-sabar aja kalau sering ditolak dengan, “Maaf, kosan sudah penuh” hihi

-Fina, SKPM 48-

Advertisements

7 thoughts on “Tips Memilih Kosan/Kotrakan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s